Tips Menu Sehat Saat Menjalani Puasa

Bln. Ramadan tiba, waktunya umat Islam menggerakkan beribadah puasa sepanjang sebulan penuh. Berpuasa waktu Ramadan dapat menolong tingkatkan kesehatan, namun bila dilewati dengan benar. Kerapkali pola makan yang salah Menu Sahur Sehat serta berbuka puasa malah bikin kesehatan terganggu, tak tahu itu berat tubuh yang melonjak atau meningkatnya cholesterol.

pork6macws

Sesudah kian lebih 12 jam tak makan serta minum, orang memanglah kerap jadi kalap waktu lihat melimpahnya makanan serta minuman saat tiba waktunya buka puasa. Sesaat saat sahur, biasanya kita lebih pilih makanan menu sahur sehat dan praktis yang  disediakan umpamanya saja makanan beku, siap saji atau makanan olahan pabrik.

1. Kurma, Buah Ideal untuk Buka Puasa

Sunnah berbuka puasa dengan kurma mempunyai faedah untuk kesehatan badan, terutama sesudah berpuasa sepanjang hari. Kurma adalah sumber gula yang baik serta bakal selekasnya kembalikan daya yang hilang. Buah dengan rasa manis ini dapat memiliki kandungan banyak serat untuk mengatur gerakan system pencernaan, diluar itu juga kaya magnesium serta potassium.

2. Buka Puasa Perlahan

Konsumsilah dengan cara bertahap serta perlahan-lahan. Makan banyak kurun waktu dekat atau sekalian bakal mengakibatkan perut sakit serta kembung. Pada akhirnya badan terasa tak nyaman. Awalilah buka puasa dengan kurma, lantas air putih, diikuti sup hangat serta semangkuk kecil salad sayuran atau buah. Kemudian baru teruskan dengan menyantap hidangan paling utama.

Bila Kamu telah terasa kenyang sesudah makan salad, dapat konsumsi makanan paling utama sesudah salat Maghrib. Makan sup hangat bakal menyamankan perut, kembalikan cairan badan serta menolong menyiapkan system pencernaan untuk terima makanan yang lebih berat. Makanan berkuah yang dianjurkan yaitu sup ayam, sayur bayam, sup jagung atau sup sayuran campur.

3. Nutrisi Komplit

Yakinkan makanan berbuka puasa Kamu komplit nutrisinya serta mempunyai semuanya grup makanan. Dari mulai karbohidrat, protein, serat dari sayuran, vitamin serta mineral dari buah, juga lemak sehat yang datang dari ikan-ikanan, polong, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

4. Jauhi Makanan Tinggi Gula

Segera makan bayak makanan manis bakal bikin perut kembung serta menyebabkan sistem pencernaan terhalang. Makanan tinggi gula juga bikin kandungan gula dalam darah tak stabil hingga Kamu selalu menginginkan makan yang manis. Bila begitu menginginkan menyantap kolak, es campur atau es timun suri, tunggu 2-3 jam sesudah buka puasa atau pasca Kamu salat Tarawih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s